Jim.my.id – iPhone tidak bisa internet? Paket iPhone telkomsel tidak bisa digunakan? Berawal dari keanehan paket iPhone dari simPATI Telkomsel semenjak dua bulan yang lalu, akhirnya saya menulis Ada Apa dengan Paket iPhone Telkomsel. Berangkat dari paket internet iphone telkomsel yang tidak bisa aktif, tidak hentinya mencoba bertanya “mengapa tidak bisa daftar paket iphone telkomsel?”, baik melalui costumer service di 188 atau via twitter di @Telkomsel
. Lihat saja percakapan saya dengan akun Telkomsel berikut:

Awalnya saya mencoba bertanya ke akun @simPATI
, tetapi tidak mendapat respon;

Setelah mendapat “pencerahan” melalui akun Telkomsel, sehingga saya melayangkan email ke cs@telkomsel.co.id
:
Dengan hormat,
Keluhan kami tulis di blog karena berbicara langsung dengan CS di 188
tidak memuaskan.Atas dasar saran akun @Telkomsel di twitter, maka kami mengirimkan
link ini ke Anda:
https://www.ahyari.net/ada-apa-dengan-paket-iphone-telkomsel/
Terimakasih
Salam
Jimmy Ahyari
Nah, kemudian dibalas (kemungkinan besar adalah autoresponder):
Pelanggan yang terhormat,
Terima kasih Anda telah menghubungi Telkomsel Customer Service Online.
Email anda belum terdaftar, mohon mendaftarkan alamat email dan nomer Telkomsel anda. Silahkan mengisi formulir pendaftaran dibawah ini terlebih dahulu, kemudian balas/kirim kembali email ini.
#1: Nomor Telepon (Selular) Anda (Your Cellular Phone Number, 08xxx) * : …..
#2: Nama Lengkap (Full Name) : …..##Terima kasih atas pendaftarannya dan kami akan menindaklanjuti email anda segera.
Hormat kami,
Telkomsel Care
Kemudian saya balas:
> #1: Nomor Telepon (Selular) Anda (Your Cellular Phone Number, 08xxx) * : 0821xxxxxx21
> #2: Nama Lengkap (Full Name) : Jimmy AhyariIMEI iPhone: xx xxxxxx xxxxxx x
Regards
Jimmy AhyariSent from my iPhone
Hingga tanggal 4 Februari 2013, tidak ada notifikasi ataupun pemberitahuan lebih lanjut. Akhirnya, saya mention kembali akun Telkomsel (seperti terlihat pada gambar pertama).
Beberapa saat kemudian, saya mulai mendapat balasan:
Kepada Yth.
Bapak Jimmy Ahyari
Terima kasih telah menghubungi layanan e-mail Telkomsel cs@telkomsel.co.id.
Kami sampaikan bahwa proses registrasi layanan e-mail Telkomsel pada nomor 0821xxxxxx21 dengan akun e-mailjimmy@ahyari.net
berhasil terdaftar pada sistem kami. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan ataupun pengaduan yang berhubungan dengan produk dan pelayanan Telkomsel, silakan konfirmasi kami kembali.Demikian informasi yang kami berikan, apabila membutuhkan bantuan lain silakan hubungi kami kembali. Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.
Hormat kami,
cs@telkomsel.co.id
Customer Service Telkomsel:
E-mail: cs@telkomsel.co.id
Website: www.telkomsel.com
Customer selfcare: https://my.telkomsel.com
Umb Dial: *111# & *116# OK
Call center: 133 (KartuHALO:gratis) dan 155 (simPATI & KartuAS : gratis), 188 (simPATI & KartuAS: Rp 300/panggilan)
Kemudian, berselang 1 menit, masuk lagi email yang berbunyi:
Kepada Yth.
Bapak Jimmy Ahyari
Terima kasih telah menghubungi layanan e-mail Telkomsel cs@telkomsel.co.id.
Sehubungan keluhan Bapak Jimmy mengenai kesulitan aktivasi paket iPhone bulanan dengan nomor simPATI 0821xxxxxx21, sebelumnya kami sampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanannya atas keluhan tersebut serta keterlambatan informasi dari kami. Kami sudah bantu koordinasikan dengan pihak terkait untuk kendala tersebut, mohon kesediaan dan kesabarannya menunggu prosesnya maksimal 1×24 Jam. Bapak Jimmy bisa mencoba aktivasi kembali paket tersebut melalui akses *363# tekan OK/Yes, pilih menu Smartphone, lalu pilih menu iPhone, pilih menu bulanan (paket yang ingin diaktifkan)Demikian informasi yang kami berikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.
Hormat kami
Dan saya balas:
Terimakasih untuk informasinya. Bulan depan akan saya coba. Sekarang saya menggunakan paket flash biasa.
Salam
Jimmy Ahyari
www.ahyari.netSent from my iPhone
Kemudian direply kembali:
Kepada Yth.
Bapak Jimmy AhyariTerima kasih atas kesetiaan Bapak Jimmy Ahyari yang senantiasa menggunakan produk Telkomsel. Mutu dan kualitas layanan tiada henti-hentinya kami lakukan untuk meningkatkan kepuasan dalam berkomunikasi bagi seluruh pelanggan. Di samping itu sudah menjadi kewajiban kami untuk memberikan pelayanan yang handal baik melalui kantor GraPARI yang tersebar dari Sabang sampai Merauke maupun Call Center yang siap melayani 24 jam. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan ataupun pengaduan yang berhubungan dengan produk dan pelayanan Telkomsel, silakan konfirmasi kami kembali.
Demikian informasi yang kami berikan, apabila membutuhkan bantuan lain silakan hubungi kami kembali. Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.
Hormat kami
Dalam hati saya berujar, “Wow, begitu merespon, luar biasa sekali cara penyampaiannya”. Atau harus ditulis di media dulu baru bisa cepat responnya? Soalnya, blog butut ini berhasil menempati halaman pertama dengan kata kunci Paket iPhone Telkomsel di Google Indonesia 😆
Eh, belum berhenti di email, beberapa hari kemudian saya mendapat telepon dari “nomor cantik”; yang menanyakan “bagaimana pak? sudah bisa paket iPhone-nya?” dst. See? How good they are 😉
Hari ini, saya mencoba kembali mengaktifkan paket iPhone melalui kartu simPATI saya. Daaan… Tadaaa.. BISA bray! 😀

Secara sederhana, jika Anda memiliki iPhone dan secara tiba-tiba tidak bisa menggunakan paket iPhone dari Telkomsel (padahal bulan-bulan sebelumnya bisa), coba ikuti langkah berikut:
- Kirim data diri (Nama lengkap, No Ponsel) dan nomor IMEI iPhone Anda ke cs@telkomsel.co.id
- Tunggu balasan pemberitahuan bahwa nomor Telkomsel Anda sudah terdaftar bersama email Anda (ini kalau agak telat, silakan mention di akun @Telkomsel di twitter)
- Setelah no.2 berhasil, ceritakan kronologis kejadian mengapa, kapan, di mana, bagaimana dan apa yang terjadi saat Anda mencoba mengaktifkan paket iPhone Telkomsel dan tidak berhasil.
- Wait and See. Masih belum? Mention lagi atau kirim email lagi.
- Good luck 😉
Tulisan Solusi Paket iPhone Telkomsel Tidak Bisa Aktif semata-mata agar menjadi penyimbang tulisan sebelumnya di Ada Apa dengan Paket iPhone Telkomsel, agar ceritanya “berimbang”. Saya sendiri sadar bahwa pelanggan/klien adalah yang nomor satu, sehingga harus “dibantu”. Namun terkadang, tidak cukup dengan “mengetuk pintu” saja. Suatu ketika, juga harus disertai “teriakan” dan “gedoran” agar “pintu” bisa terbuka 🙂
Oh iya, umumnya Anda akan mendapatkan pesan berupa:
Maaf Anda tidak bisa mengaktifkan paket TSELFlash ini karena tipe handset Anda tidak sesuai Terima kasih
Maaf Anda tidak bisa mengaktifkan paket ini karena tipe handset Anda tidak sesuai atau lokasi Anda tidak sesuai
tipe handset tidak terdaftar
Maaf anda tidak dapat mengaktifkan paket karena IMEI atau nomor anda tidak terdaftar untuk paket ini
maaf anda tidak bisa mengaktifkan paket flash ini karena tipe handset anda tidak terdaftar
maaf anda tidak bisa mengaktifkan paket flash ini karena tipe handset anda tidak terdaftar iphone
Mohon maaf jika terdapat salah-salah kata. Sukses selalu untuk Anda dan keluarga. Aamiin.